KUNJUNGAN INDUSTRI DI PTPN XII BANYUWANGI

Pada 31 Oktober 2022 - 08:56:26
Diposting Oleh Administrator
Kategori Kegiatan : PG-017 - Waka Bid. Humasy (Kegiatan)


Apa itu sebenarnya kelas industri? Apa saja kegiatan yang terdapat di dalamnya? Lalu, apa manfaatnya?
Pengertian Kunjungan Industri
Kunjungan industri adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan mengunjungi sebuah perusahaan atau industri untuk melihat gambaran pekerjaan yang nantinya akan dilakukan oleh siswa SMK. Di dalam kunjungan industri, siswa bisa mengamati bagaimana kegiatan operasi sebuah perusahaan. Dengan kata lain, kamu bisa mendapatkan gambaran sebuah pekerjaan di bidang kompetensi/bidang keahlian yang kamu dalami. Maka dari itu, kunjungan industri penting untuk dilakukan agar kamu tidak kaget saat memasuki dunia kerja. Jadi, dengan kegiatan kunjungan industri diharapkan siswa SMK jadi lebih mudah dalam menyesuaikan diri dengan dunia kerja atau lingkungan perusahaan.
Pihak sekolah yang terdiri dari para siswa SMK dan guru pendamping datang ke industri atau perusahaan secara langsung untuk melihat kegiatan operasional perusahaan secara langsung. Sebagai contoh, kunjungan industri yang dilakukan Oleh SMK Negeri Wonosalam - Jombang di PTPN XII - Kantor Wilayah Kebun Kalikempit - Kantor Cabang Kab. Banyuwangi yang beralamat di lokasi : Jl. Jember-Banyuwangi, Tulungrejo, Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kunjungan diawali dengan seminar mengenai pengenalan dunia kerja. Kemudian dilanjutkan dengan melihat proses produksi secara langsung. Para peserta kunjungan industri juga bebas bertanya kepada perwakilan pihak industri mengenai proses produksi yang mereka ingin tahu.
Tujuan Kunjungan Industri
Berikut tujuan diadakannya kegiatan kunjungan industri. Siswa dan guru SMK bisa menyaksikan dan merasakan langsung mengenai aktivitas dan manajemen yang ada di dunia kerja. Maka, mereka bisa mengambil pelajaran dan pengalaman yang nantinya akan sangat berguna baik di pembelajaran atau di dunia kerja nantinya. Memberikan motivasi dan meningkatkan semangat untuk belajar dan meningkatkan kompetensi guna mencapai kesuksesan hidup.
Menambah wawasan dan cakrawala berpikir siswa dalam belajar dengan observasi aktivitas di Industri. Dengan begitu, diharapkan bisa mengambil pelajaran positif mengenai cara berperilaku dan bersikap di dunia kerja.
Merealisasikan perjanjian kerja sama antara SMK dengan dunia industri yang mencakup kunjungan industri, magang, kelas industri, hingga pelatihan untuk guru.
Manfaat Kunjungan Industri
Lalu, apa saja sih manfaat kunjungan industri? Berikut penjabarannya untukmu.
Manfaat kunjungan industri bagi siswa SMK. Siswa dan guru SMK bisa melihat dan merasakan aktivitas di dunia kerja secara langsung. Tentu saja, bidang industri yang dikunjungi tersebut sesuai dengan keahlian yang dipelajari di sekolah. Siswa dan guru SMK bisa mendapatkan pelajaran berharga dari kegiatan kunjungan industri. Dengan begitu, bisa membangkitkan dan memacu semangat untuk mengasah skill, meningkatkan kompetensi, serta berprestasi di bidang terkait. Tidak hanya meningkatkan kompetensi, siswa SMK juga bisa membiasakan diri dan berlatih dengan bekal kemampuan serta attitude di dunia kerja.
Manfaat kunjungan industri bagi sekolah (SMK). Bisa memicu kerja sama yang menguntungkan antara pihak sekolah dan pihak Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI).
Program sekolah bisa dikembangkan sesuai dengan standar dan kebutuhan industri melalui sinkronisasi kurikulum, teaching factory, proses pembelajaran, dan pengembangan sarana prasarana praktik. Artinya, sekolah melibatkan industri dalam mengembangkan kurikulum dan berbagai kegiatan lainnya. Meningkatkan dan mempererat relasi antara guru SMK dengan pihak DUDI agar bisa mengembangkan kerja sama yang lebih nyata. Apalagi, biasanya dari pihak industri juga terdapat program-program yang bermanfaat seperti magang /pelatihan untuk guru-guru SMK.
Manfaat kunjungan industri bagi industri. Pihak industri menjadi lebih dikenal oleh masyarakat, terutama masyarakat di lingkungan sekolah. Dengan begitu, bisa membantu promosi produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Pihak industri bisa mendapatkan masukan yang membangun dan positif untuk meningkatkan perkembangan DUDI. Pihak industri juga bisa lebih meningkatkan produk atau proses produksi melalui masukan dari pihak sekolah tersebut. Memperoleh calon tenaga kerja yang kompeten dan berkualitas sesuai dengan standar industri. Meningkatkan citra positif DUDI, mengingat bisa berkontribusi di dunia pendidikan dalam mengembangkan kompetensi siswa SMK sesuai dengan penerapan Inpres No. 9 Tahun 2016.